Ps Bobby Butar Butar MTh blog

Sejarah Musik Gospel

Posted on: Oktober 27, 2010

SEJARAH MUSIK GOSPEL

 


Definisi

Musik gospel adalah sebuah genre musik yang dicirikan oleh vokal yang dominan (seringkali dengan menggunakan harmoni yang kuat), liriknya yang bersifat religius, khususnya Kristen. Subgenrenya mencakup gospel kontemporer, gospel kontemporer urban (kadang-kadang juga disebut sebagai “gospel hitam”), dan Musik gospel modern (kini lebih lazim disebut pujian dan penyembahan, atau musik Kristen kontemporer). Kebanyakan bentuk musik gospel menggunakan piano dan/atau organ Hammond, drum, gitar bas dan, kini semakin banyak pula, gitar listrik.

Sejarah Musik Gospel

Musik gospel diduga pertama kali muncul dari gereja-gereja Afrika-Amerika dalam kuartal pertama dari abad ke-20, yaitu sekitar tahun 1930, atau dalam pengertian yang lebih luas, merujuk kepada musik gospel kulit hitam (black gospel) maupun musik religius yang diciptakan dan dinyanyikan oleh para artis Gospel Selatan kulit putih pada umumnya.

Perbedaan yang tajam antara warga Amerika yang berkulit hitam dan putih, khususnya antara gereja-gereja warga kulit hitam dan putih, menyebabkan kedua golongan ini terpisah. Orang kulit putih menciptakan white gospel dengan memadukan black gospel dengan musik religius asli yang biasa diperdengarkan di gereja-gereja orang kulit putih di Amerika Selatan. Pemisahan aliran berdampak pada munculnya perbedaan antara cara menyanyikannya.

Meskipun perbedaannya telah berkurang sedikit selama lima puluh tahun terakhir, masih terdapat cara menyanyikan gospel yang berbeda di gereja ras kulit putih dan hitam di Amerika. Dalam kedua tradisi ini, sejumlah penyanyi, seperti misalnya Mahalia Jackson membatasi dirinya untuk tampil hanya dalam konteks-konteks keagamaan saja dan juga menyanyikan lagu gospel yang sudah dikombinasi dengan aliran musik lainnya agar lebih easy listening di telinga orang-orang pada umumnya seperti yang dilakukan oleh Golden Gate Quartet dan Clara War.

Dua kelompok vokal itu dan Sister Rosetta Tharpe bahkan berani membawakan tembang-tembang gospel di luar lingkungan gereja, misalnya di klab malam. Tindakan mereka yang manggung dalam panggung sekuler kemudian diikuti oleh The Jordanaires, Al Green, The Blackwood Brothers dan Solomon Burke , meski akhirnya menimbulkan kontroversi.

Penyanyi, pengarang lagu dan gitaris gospel, Sister Rosetta Tharpe adalah bintang musik gospel besar pertama. Ia muncul dalam tangga lagu musik pop musik pada 1938. Ia tetap popular sepanjang 1940-an, mencetak lagu-lagu top; pertunjukannya dihadiri puluhan ribu penggemarnya di seluruh AS. Sesekali ia kehilangan dukungan dari beberapa penggemarnya di gereja ketika ia tampil di lingkup sekular dan ketika ia membuat rekaman lagu-lagu yang tidak diakui sebagai lagu-lagu “Kristen”. Namun para penggemar yang meninggalkannya memaafkannya, karena Tharpe tetap setia pada imannya sepanjang karier rekamannya hingga akhir hayatnya.

Meskipun musik gospel ini boleh disebut sebagai fenomena Amerika, ia telah menyebar di seluruh dunia, termasuk ke Australia dengan paduan suara seperti The Elementals dan Jonah & The Whalers serta festival-festival seperti Festival Musik Gospel Australia. Di Norwegia terdapat Ansgar Gospel Choir, satu-satunya paduan suara gospel Norwegia sejati. Musik ini juga popular di provinsi Quebec, Kanada – di sini terdapat kelompok-kelompok paduan suara gospel terkenal seperti Montreal Jubilation Gospel Choir dan Québec Celebration Gospel Choir

Genre Musik Gospel

Gospel tradisional kulit hitam

Musik ini berakar dalam lagu-lagu spiritual yang dinyanyikan oleh para budak di selatan AS pada abad ke- 18 dan ke-19 dalam bentuk devosi keagamaan yang bebas dari gereja-gereja Kesucian, yang menganjurkan masing-masing anggota gerejanya untuk memberikan “kesaksian”, dengan berbicara atau bernyanyi secara spontan tentang iman dan pengalaman mereka, kadang-kadang sambil menari dalam kebaktian.

Pada tahun -1920-an, para penyanyi dari gereja-gereja ini, yang banyak di antaranya juga merangkap sebagai pengkhotbah keliling, seperti misalnya Arizona Dranes, mulai membuat rekaman dalam gaya yang mencampurkan tema-tema kegamaan dengan teknik-teknik barrelhouse, blues dan boogie-woogie dan memasukkan alat-alat musik jazz, seperti misalnya drums dan terompet, ke dalam gereja.

Gospel Country

Musik gospel Country adalah sebuah subgenre dari musik gospel dengan gaya country, yang juga dikenal sebagai Country Kristen atau Country Inspirasional.

Gospel Southern

Gospel Southern atau Country dan perusahaan-perusahaan penerbit musik dengan not kotak seperti misalnya A. J. Showalter Company (1879), James D. Vaughan Publishing Company dan Stamps-Baxter Music and Printing Company.

Para seniman gospel awal seperti misalnya The Speer Family, The Blackwood Family (The Blackwood Brothers), The Lefevre Trio dan The Carter Family memperoleh popularitasnya melalui rekaman-rekaman dan pertunjukan-pertunjukan radio mereka pada tahun 1920-an, 1930-an, 1940-an dan 1950-an. Yang lainnya, seperti misalnya Homer Rodeheaver, George Beverly Shea, Cliff Barrows atau Cathedral Quartet, menjadi terkenal karena hubungan mereka dengan para penginjil terkenal seperti Billy Sunday, Rex Humbard dan Billy Graham.

Referensi

http://id.wikipedia.org/wiki/Musik_gospel

http://www.unitedfool.com/2005/12/16/sejarah-musik-gospel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Arsip

Blog Stats

  • 638,270 hits

Readers

tracker
Follow Ps Bobby Butar Butar MTh blog on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: