Ps Bobby Butar Butar MTh blog

Godaan Selingkuh…

Posted on: Mei 2, 2008

GODAAN SELINGKUH

“Hai, kita ketemu yuk di Mal Taman Anggrek, jam 6 nanti,” rayu Andi kepada Desi seorang flirtmahasiswi saat keduanya ngobrol di salah satu channel chatting, dari internet di meja kantornya. Di tempat lain, Jeffry sedang merayu sambil mentraktir Regina gadis remaja yang berkenalan dengannya di sebuah kafe. Kedua pria muda tersebut bukanlah single lagi. Mereka sesungguhnya telah menikah dan mempunyai anak-anak yang masih balita. Istrinya pun masih muda dan cantik. Mengapa sih mereka bisa merayu wanita lain padahal sudah berumah tangga? Ketika ditanya, biasanya alasan-alasan klise yang muncul, seperti, “Aku kan hanya ingin berteman. Memangnya salah?” atau “Boleh dong merayu wanita lain. Yang penting kan aku tidak menyakiti hatinya.”

Harus diakui hal-hal tadi merupakan fenomena yang sedang berkembang sekarang ini. Sudah tidak asing lagi kita mendengar istilah seperti sex after lunch yang merupakan titik kulminasi dari godaan-godaan selingkuh tersebut. Hal ini menjadi berbahaya jika dilakukan pria-pria Kristen. Karena ajaran Kristus sangat menolak praktek-praktek tersebut, bahkan mengkategorikannya sebagai perzinahan. Apalagi pernikahan Kristen adalah satu kali seumur hidup atau till death do us apart. Sangat menyedihkan bila melihat sebuah pernikahan Kristen hancur hanya gara-gara godaan selingkuh yang melanda pria-prianya.

Kalau melihat kebiasaan dunia ini, selingkuh memang nampaknya sebuah hal yang tidak asing. Dunia ini seolah permisif dengan hal-hal tersebut. Belum lagi tayangan-tayangan asing yang seolah-olah membenarkan kebiasaan tersebut, seperti Melrose Place, Beverly Hills 90210, dan telenovela-telenovela Meksiko. Oleh karena itu pria-pria muda beristri harus bersikap hati-hati dalam hidupnya. Jangan hanyut dalam kebiasaan dunia ini. Sebagai anak-anak Tuhan, kita harus hidup dalam penguasaan diri (Gal 5:23). Jangan biarkan keinginan-keinginan mata menghancurkan rumah tangga kamu (Mat 6:22; I Yoh 2:16-17). Siapa sih yang tidak senang jika melihat wanita yang cantik dan menarik, namun di sinilah letak penguasaan diri itu. Jangan hanyut oleh pemandangan lain tersebut dan merayu si dia. Ingat saja, bahwa istri adalah wanita tercantik sedunia, pasti deh tidak akan jatuh tergoda.

Pergaulan dunia ini cenderung membawa manusia kepada pemuasan hawa nafsu dan dosa. Diskotik, klub malam, merupakan tempat-tempat yang kudu dihindari. Biar saja dikatakan kurang pergaulan, daripada tidak gaul dan tidak dikenal Allah. Lebih baik menghabiskan waktu senggang dengan mencari Tuhan melalui kebaktian-kebaktian tengah minggu yang ada, atau pergi ke kafe-kafe rohani. Lebih baik lagi jika mengajak istri untuk pergi bareng ke kafe-kafe rohani tersebut, jadi saling menguatkan iman.

Salah satu hal lain yang perlu diwaspadai adalah perkenalan iseng lewat chatting. Chatting memang merupakan arena yang sangat mengasyikkan untuk bertukar pendapat, curhat bahkan saling merayu. Di sinilah pria-pria muda harus hati-hati. Jangan sampai keisengan bermain-main sampai berujung pada copy darat. Kalau sudah copy darat, wah kudu hati-hati. Sebab ini bisa merupakan awal dari godaan selingkuh. Tidak ada yang bisa menjamin bahwa pertemuan-pertemuan itu tidak akan membawa efek apa-apa. Daripada terjadi setruman-setruman hati, khan lebih baik dihindari. Hati-hati juga, jangan sampai merayu wanita-wanita yang dijumpai tersebut meskipun hanya dalam arena chatting. Bukankah apa yang kita perbuat keluar dari hati. Jika kamu merayu, berarti itu keluar dari hati. Dengan begitu dosa telah terjadi (Mat 15:19). Nah, lebih baik dihindari.

Hal terakhir sebagai senjata ampuh untuk menghindari godaan-godaan selingkuh adalah mengingat janji perkawinan. Janji untuk saling mengasihi dan mencintai sampai till death do us apart merupakan komitmen yang diucapkan di hadapan Allah dan manusia. Dengan senantiasa bersikap takut akan Tuhan, janji itu pasti akan memagari langkah-langkah hidup kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Arsip

Blog Stats

  • 638,270 hits

Readers

tracker
Follow Ps Bobby Butar Butar MTh blog on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: