Ps Bobby Butar Butar MTh blog

Jika Wanita lebih tua

Posted on: April 29, 2008

JIKA WANITA LEBIH TUA

“Saya bingung nih. Orang tua melarang saya pacaran dengan Nina hanya karena dia lebih tua dari love-between-youngman-n-oldwomansaya. Padahal kami sudah saling mencintai,” keluh Ucok. “Apa sih yang jadi persoalan, kok teman-teman menggosipkan saya hanya karena pacar saya empat tahun lebih muda dari saya,” keluh Ester. Keluhan seperti yang diucapkan keduanya memang bukan sesuatu yang baru bagi telinga kita. Masyarakat nampaknya risih jika melihat pihak wanita lebih tua dibandingkan prianya dalam suatu hubungan cinta. Apa sih yang menjadi bahan permasalahan? Bolehkah wanita lebih tua? Pertanyaan-pertanyaan ini sangat menarik untuk dicari jawabannya.

Dunia ini memandang pria sebagai kaum yang lebih super dibandingkan wanita. Perbedaan gender ini sangat mencolok di tengah-tengah kehidupan bangsa-bangsa di dunia ini. Mungkinkah, hal-hal itu membuat pria merasa tidak rela jika wanita lebih tua dalam suatu hubungan? Jika wanita menjadi pihak yang ‘menguasai’ suatu hubungan hanya karena usia yang lebih tua?

Dari faktor psikologi, ketika seorang wanita dan pria yang usianya sebaya dibandingkan, maka wanita akan nampak jauh lebih matang di bandingkan pria. Kematangan secara psikologis ini mungkin sekitar dua atau tiga tahun di atas kaum pria. Hal ini membuat para pakar perkawinan dan pikologi menganjurkan agar dalam suatu hubungan cinta, pihak prialah yang lebih tua, minimal usianya sebaya. Namun tidak dapat dipungkiri salah satu alasan yang melatarbelakangi pria-pria yang berpacaran dengan wanita yang lebih tua adalah adanya kebutuhan kasih sayang yang tidak mereka dapatkan dari keluarga, seperti kehilangan kasih ibu sejak kecil ataupun tidak adanya kakak perempuan. Memang ada juga motivasi-motivasi lain yang menyebabkan seorang pria menjalin cinta dengan wanita yang lebih tua diantaranya karena wanita tersebut secara materi lebih kaya, maupun wanitanya merupakan seorang public figure.

Faktor fisik merupakan sesuatu yang patut juga menjadi bahan pertimbangan. Ketika sepasang pria dan wanita itu masih sama-sama muda, mungkin tidak menjadi masalah. Akan tetapi ketika sang wanita mulai memasuki masa menopause, sementara prianya justru sedang memasuki masa “puber kedua,” hal ini bisa memicu keretakan rumah tangga. Jika tidak sungguh-sungguh kuat di dalam iman, hal ini cenderung akan memicu kaum pria untuk mencari kepuasan dari luar. Faktor fisik ini harus benar-benar menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang berencana menikah dengan keadaan ini. Faktor ini bisa dihindari jika si pria benar-benar meresapi janji perkawinannya, yaitu ‘till death do us apart.’

Kematangan pribadi juga harus menjadi bahan pertimbangan. Pada pria dan wanita yang usianya sebaya saja, wanita akan nampak lebih matang, apalagi jika wanitanya lebih tua. Hal ini tidak menjadi masalah jika dalam hubungan cinta tersebut, pria mampu menempatkan dirinya sebagai pemimpin, calon kepala rumah tangga dan tentu saja kepala isteri. Dan, wanitanya mau menundukkan diri kepada pria meskipun ia lebih tua. Prinsip ini merupakan “harga mati” jika mereka menginginkan hubungan cintanya langgeng sampai kakek-nenek (I Petrus 3:1-7).

Secara prinsip, Alkitab tidak pernah membedakan usia dalam suatu hubungan cinta. Entahkah wanita maupun prianya yang lebih tua. Prinsip utama dalam perkawinan Kristen adalah kedua pihak dapat saling menyesuaikan diri. Saling menghormati dan menghargai. Tidak melihat kekurangan pasangannya sebagai senjata yang dapat digunakan apabila mereka terlibat dalam suatu pertengkaran ataupun ketidak sepahaman. Keduanya dapat memahami bahwa perkawinan Kristen adalah perkawinan seumur hidup yang tidak dapat dipisahkan oleh alasan manusiawi apapun. Jika kedua pihak dapat mengerti dan meresapi prinsip-prinsip ini, maka keduanya akan memiliki hubungan cinta dan perkawinan yang langgeng atau everlasting love. God Bless.

1 Response to "Jika Wanita lebih tua"

jika cuma beda 1 th apakah masalah…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Arsip

Blog Stats

  • 638,270 hits

Readers

tracker
Follow Ps Bobby Butar Butar MTh blog on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: