Ps Bobby Butar Butar MTh blog

Anak Haram

Posted on: April 24, 2008

Kontroversi Anak Haram

Penulis: Ps Bobby MTh

Anak haram adalah anak yang dilahirkan akibat dari suatu hubungan seksual yang terjadi diluar perkawinan yang sah di mata hukum. Penggunaan kata haram dimaksudkan sebagai “tidak sah” secara hukum. Anak yang tergolong di dalamnya adalah anak yang berasal dari hubungan intim pria dan wanita yang belum menikah, anak hasil hubungan perselingkuhan, maupun anak yang lahir sebagai akibat perkosaan yang terjadi atas ibunya.

Anak Haram dlm Konteks Perjanjian Lama

Dalam konteks kehidupan bangsa Israel, mereka hidup berdasarkan aturan hukum taurat. Hukum taurat membedakan secara tegas antara yang bersih dan kotor, yang kudus dan tidak kudus, antara yang najis dan tidak najis, halal dan haram (Imamat 10:10). Israel hidup di tengah bangsa-bangsa Timur Tengah yang menyembah berhala dan patung-patung, sesuatu yang sangat dibenci Allah (Keluaran 20:3-4). Untuk menghindari pencemaran budaya, agama, sosial dan lainnya, bangsa Israel harus hidup kudus (Imamat 11:44-45) dan terpisah dari segala kebiasaan bangsa-bangsa sekitarnya.

Salah satu contoh kekudusan hidup diantaranya dalam aturan perkawinan. Taurat mengatur bahwa perkawinan adalah lembaga yang berasal dan dikuduskan oleh Allah. Hubungan seksual hanya boleh dilakukan hanya dalam ikatan perkawinan, sebab anak-anak yang berasal dari perkawinan akan disebut sebagai keturunan ilahi (Maleakhi 2:15).

Konsepsi seks dan perkawinan umat Allah ini, bertentangan sekali dengan adat budaya bangsa-bangsa di sekitarnya seperti bangsa Amon, Moab, Filistin dan sebagainya. Bangsa-bangsa itu melegalkan hubungan seks tanpa perkawinan. Bahkan salah satu ritual dalam ibadah di kuil-kuil berhala mereka adalah seks bebas. Praktek ini disebut sebagai pelacuran bakti. Dimana para lelaki dianjurkan untuk mengadakan hubungan seks dengan para imam wanita di kuil-kuil dewa mereka, dengan harapan negeri mereka akan semakin diberkati oleh Baal-Baal (dewa kesuburan) yang disembah. Tidak heran bila banyak anak-anak haram yang dilahirkan.

Praktek-praktek tersebut jelas ditentang Tuhan. Itu sebabnya hukum taurat melarang anak-anak haram untuk masuk dalam jemaat Tuhan (Ulangan 23:2), karena akan melanggar kekudusan Tuhan dan dikuatirkan akan dapat mempengaruhi moralitas umat Israel. Demikianlah konteksnya dalam Perjanjian Lama mengapa anak haram dilarang memasuki jemaat Tuhan.

Anak Haram dlm Konteks Perjanjian Baru

Dalam Perjanjian Baru Tuhan Yesus lebih menekankan kemurnian hati daripada seremonial/hukum agamawi (Markus 7:1-23). Tidak ada penolakan kepada orang berdosa, justru Tuhan Yesus datang untuk menyelamatkan orang berdosa. Hal ini dilandasi Kasih-Nya yang begitu besar kepada dunia ini (Yohanes 3:16).

Implikasi:

Tidak ada larangan bagi orang berdosa, anak haram dan sebagainya untuk menjadi jemaat Tuhan dan warga kerajaan surga. Allah tidak lagi melihat asal-usul maupun latar belakang setiap manusia, karena justru Dia datang untuk mengampuni, menyelamatkan, memberi hidup dan kelimpahan kepada manusia (Yohanes 10:10).

Amerika Serikat ada seorang pendeta yang dipakai Tuhan luar biasa, bernama James Robison. Asal-usulnya sangat menyedihkan karena ia adalah anak “haram”. Ibunya saat masih gadis menjadi korban perkosaan dan melahirkan dia. Namun Allah tidak menolak James, Dia bahkan memakainya dengan heran dan luar biasa. Tidak ada lagi pembedaan di hadapan Tuhan. Yang penting, adalah hati yang bertobat dan mau menerima Kristus sebagai juru selamat, maka akan diselamatkan (Roma 10:9-10).

1 Response to "Anak Haram"

anak haram?????
kykx gk ad deh,mgkin aja dy trlahir d dunia krn suatu hub yg tak halal..
bg mrk2 yg mrs spt it,,,jgn kecil hati…cz qt gk tew rencana TUHAN mnganugrhkn kpd styp khdpn d dunia…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Arsip

Blog Stats

  • 638,270 hits

Readers

tracker
Follow Ps Bobby Butar Butar MTh blog on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: